28 Agustus 2007

Pengalaman Menakutkan Melancong di Malaysia


Hampir Saja Dipukuli Polisi

Budiman Bachtiar Harsa
boyharsa@yahoo.com

NAMA saya Budiman Bachtiar Harsa, 37 tahun, WNI asal Banten, karyawan di BUMN berkantor di Jakarta. Kasus pemukulan wasit Donald Peter di Malaysia, bukanlah kejadian pertama. Behubung sdr Donald adalah seorang "Tamu Negara" hingga kasusnya terexpose besar-besaran. Padahal kasus serupa sering menimpa WNI di Malaysia. Bukan hanya TKI atau pendatang haram, tetapi juga wisatawan.

Tahun 2006, bulan Juni, saya dan keluarga (istri, dua anak, adik ipar), untuk pertama kalinya kami "melancong" ke Kuala Lumpur Malaysia. Kami sudah pernah berwisata ke
negara2 lain, sudah biasa dengan berbagai aturan imigrasi.

Hari pertama dan kedua tour bersama Travel agent ke Genting Highland, berjalan lancar, kaluarga bahagia anak-anak gembira. Hari ketiga city tour di Kuala Lumpur (KL), ibukota Malaysia sebetulnya juga berjalan normal sampai pada malam harinya.

Malam harinya, kami mengunjungi KLCC yang ternyata sangat dekat dari Hotel Nikko, tempat kami menginap. Usai makan malam, berbelanja sedikit, adik ipar dan anak-anak saya pulang ke hotel karena kelelahan, menumpang shuttle service yang disediakan Nikko Hotel. Saya dan istri berniat berjalan-jalan, menikmati udara malam seperti yg biasa kami lakukan di Orchrad Singapore, toh kabarnya KL cukup aman.

Mengambil jalan memutar, pukul 22.30, di dekat HSC medical, lapangan dengan view cukup bagus ke arah Twin Tower.

Saat berjalan santai, tiba2 sebuah mobil Proton berhenti, dua pria berpakaian preman turun mendekati saya dan istri. Mereka tiba-tiba meminta identitas saya dan istri, saya balas bertanya apa mau mereka. Mereka bilang "Polis", seraya memperlihatkan kartu sekilas, lalu saya jelaskan bahwa saya turis, menginap di Nikko hotel.

Mereka tak peduli, bahkan memaksa meminta passport, yang tentu saja tidak saya bawa. Masak sih di negeri tetangga, sesama melayu, speak the same language, saya dan istri bisa berbahasa Inggris, negara yang tak butuh visa, kita masih harus bawa passport?

Salah satu "polis" ini bicara dengan HT, entah apa yg mereka katakan dengan logat melayunya, sementara seorang rekannya tetap memaksa saya mengeluarkan identitas. Perilaku mereka mulai tak sopan dan istri saya mulai ketakutan.

Saya buka dompet, keluarkan KTP. Sambil melotot, dia tanya : "Kerja ape kau disini?". Saya melongo... kan turis, wisata. "Ya jalan-jalan aja lah," begitu saya jawab. Saya kaget. Pak polis membentak dan mendekatkan mukanya ke wajah saya: "Kau kerja ape? Punya licence buat kerja tak?"

Wah, kali dia pikir saya TKI ilegal. Saya coba tetap tenang, saya bilang saya bekerja di Jakarta, ke KL untuk wisata. Tiba-tiba salah satu dari mereka mencoba memegang tas istri, dan bilang dengan membentak : "Mana kunci Hotel?"... Wah celakanya kunci kedua kamar kami dibawa anak dan ipar saya yang pulang duluan ke hotel.

Saya ajak mereka ke hotel yang tak jauh dari lokasi kami. Namun pak Polis malah makin marah, memegangi tangan saya, sambil bilang : "Indon... dont lie to us. Saya kurung kalian... kalau berani macam-macam !"

Jelas saya menolak dan mulai marah. Saya ajak mereka ke hotel Nikko, dan saya bilang akan tuntut mereka habis-habisan. Sambil memegangi tangan saya, tuan polis itu meludah kesamping, dan bilang : "Kalian semua sama saja... !"

Saat itu sebuah mobil polisi lainnya datang, pake logo polisi, seorang polisi berseragam endekat. Di dadanya tertulis nama: Rasheed.

Saya merapat ke pagar taman sambil memegang istri yang mulai menangis. Melawan tiga polis, tak mungkin. Saya bakal kalah. Mereka berbicara bertiga, mirip berunding. Wah, apa polis Malaysia juga sama aja seperti oknum di Indonesia, perlu mau nyari kesalahan orang ujung-ujungnya merampok?

Petugas berseragam lalu mendekati saya, meminta kami untuk tetap tenang. Saya bertanya, apa dua orang preman melayu itu polisi, lalu polisi berseragam itu mengiyakan. Rupanya karena saya mempertanyakan dirinya, sang preman marah dan mendekati saya, mencengkram leher jaket saya, dan siap memukul, namun dicegah polisi berseragam.

Polisi berseragam mengajak saya kembali ke Hotel untuk membuktikan identitas diri. saya langsung setuju, namun keberatan bila harus menumpang mobil polisi. Saya minta untuk tetap berjalan kaki menuju Nikko Hotel, dan mereka boleh mengiringi tapi tak boleh menyentuh kami. Akhirnya kami bersepakat, namun polisi preman yang sempat hampir memukul saya sempat berkata : "If those indon run, just shoot them..." katanya sambil menunjuk istri saya. Saya cuma bisa istighfar saat itu, ini rupanya begitulah nasib orang Indonesia di negeri tetangga yang sering kita banggakan sebagai "sesama melayu".

Diantar polisi berseragam saya tiba di Nikko Hotel. Saya minta resepsionis mencocokkan identitas kami, dan saya menelpon adik ipar untuk membawakan kunci. Pihak Nikko melarang adik saya, dan mengatakan kepada sang Polis, bahwa saya adalah tamu hotel mereka, WNI yang menyewa suites family, datang ke Malaysia dengan Business class pada Flight Malayasia Airlines.

Pak Polis preman mendadak ramah, mencoba menjelaskan bahwa di Malaysia mereka harus selalu waspada. Saya tak mau bicara apapun dan mengatakan bahwa saya sangat tersinggung, dan akan mengadukan kasus ini, dan "membatalkan rencana bisnis dengan sejumlah rekan di
malaysia" (padahal saya tak punya rekan bisnis di negeri sial ini).

Polisi berseragam berusaha tersenyum semanis mungkin, berusaha keras untuk akrab dan ramah, petugas Nikko Hotel kelimpungan dan berusaha membuat kami tersenyum. Setelah istri saya mulai tenang, saya mengambil HP P9901 saya dan merekam wajah kedua polisi ini. Keduanya berusaha menutupi wajah, meminta saya untuk tidak merekam wajah mereka.

Istri saya minta kita mengakhiri konflik ini, dan sayapun lelah. Kami tinggalkan melayu-melayu keparat ini, tanpa berjabat tangan. Sepanjang malam saya sangat gusar, dan esoknya kami
membatalkan tur ke Johor baru, mengontak travel agent agar mencari seat ke Singapore. Siang usai makan siang, saya tinggalkan Malaysia dengan perasaan dongkol, dan melanjutkan liburan di Singapore.

Mungkin nasib saya sial? Ya. Mungkin saya hanya 1 dari 1000 WNI yang apes di Malaysia? bisa. Tapi saya catat bahwa bila saya pernah dihina, diancam, bahkan hampir dipukuli, bukan tak mungkin masih ada orang lain mengalami hal yg sama.

Jadi, kalau hendak berlibur di Malaysia, sebaiknya pikir masak2. Jangankan turis, Rombongan atlet saja bisa dihajar polisi Malaysia. Bayangkan bila perlakuan seperti ini dilakukan dihadapan anak kita. Tentu anak akan trauma, sekaligus sedih. Hati-hati pada promosi wisata Malaysia. Di Malaysia, WNI diperlakukan seperti Kriminal.

12 komentar:

Innuendo mengatakan...

iiih jd ogah jalan2x ke malaysia

Tulus Subardjono mengatakan...

Tulisan ini sangat sederhana namun sangat bagus, menyadarkan kita untuk tidak perlu mengadakan hubungan dengan Malaysia, kalau tidak terpaksa. Industri pariwisata di dalam negeri perlu dikelola secara profesional, sehingga turis nusantara meningkat.

Legal Officer mengatakan...

Negara kaum preman...
semoga Allah memberikan peringatan kepada mereka ...

rizz861 mengatakan...

I'm from malaysia.next time u ask them 'are u have police identity card?'.coz some of them is not police.don't judge book by it cover.all police in malaysia have their own ID.

Saiful Arif mengatakan...

ane mau pergi ke malysia, jadi senyum2 simpul membaca tulisan agan ... senyum saat pulis malaysia kelimpungan krn malu, jadi waspadalah2 ya ...

Fakhrul Radzi mengatakan...

Makanya kalo dtg ke malaysia bawa pasport nya walaupn hnya jalan2....memg la polis marah sbb u xbawa pasport....org indonesia bnyak dtg secara ilegal....jdi manusia hrus pintar la...

Fakhrul Radzi mengatakan...

Makanya kalo dtg ke malaysia bawa pasport nya walaupn hnya jalan2....memg la polis marah sbb u xbawa pasport....org indonesia bnyak dtg secara ilegal....jdi manusia hrus pintar la...

sarah deborah mengatakan...

udah tau malaysia tu negaranya ketat hukum ,,masih juga bawa kebiasaan gak bawa paspor,kalau jalan kesana semua harus dipersiapkan lah, norak banget..huaaahh...

Syarifah Fitria mengatakan...

modal cuma sedikit, namun hasil tiap hari dan yang lebih utama kita dapat ilmu yang sangat luar biasa dan tak ternilai, kerja cuma copy dan paste doang, mau tau apa? silahkan kunjungi dan baca dulu aja ga usah banyak comentar kalau udah baca aku tunggu komentarnya di 081332599845 silahkan visit ke http://kerjacopypaste-syarifah.blogspot.com

al muhib mengatakan...

jempol buat kesabaran yang bapak miliki

Vix alexa mengatakan...

Thanks gan infonya, jadi ngeri nih -_-
Watch movie
Watch movie HD
Watch movie online
Watch movie bluray
Watch movie free
Watch box office

Ibu Romlah mengatakan...

SAYA IBU ROMLAH POSISI SEKARANG DI MALAYSIA
SUDAH 8 TAHUN SAYA KERJA JADI PEMBANTU DI MALAYSIA
MAU PULANG KE INDO TIDAK PERNA TERKABUL KARNA MASALAH KEUANGAN APALAGI HUTANG MASIH BANYAK SAMA TEMAN DI TAMBAH SAMA MAJIKAN SIANG MALAM SAYA SELALU MELAMUN KARNA TERLILIT HUTANG DAN SECARA KEBETULAN SAYA BUKA INTERNET ADA SESEORANG BERKOMENTAR SUKSES DENGAN CARA PASANG TOGEL KATANYA DI BANTU OLEH MBAH SERO KEBETULAN DI MALAYSIA ADA PEMASANGAN TOGEL JADI SAYA COBA HUBUNGI MBAH SERO SIAPA TAU INI REJEKI SAYA ANGKA YANG DI BERIKAN MBAH 6D TOTO TEMBUS 100% SYUKUR ALHAMDULILLAH SAYA SUDAH BISA MELUNASI HUTANG HUTANG SAMA TEMAN DAN MAJIKAN RENCANA MAU PULANG KAMPUNG UNTUK BUKA USAHA BAGI SAUDARAH SAUDARAH MAU SUKSES SEPERTI SAYA TERUTAMA YANG TERLILIT HUTANG SUDAH LAMA BELUM TERLUNASI JANGAN PUTUS ASA LANSUNG HUBUNGI MBAH SERO DI NO.HP: 082 370 357 999 ATAU BUKA BLOG MBAH KLIK DISINI PESUGIHAN TANPA TUMBAL SAYA JAMIN MBAH TIDAK AKAN MENGECEWAKAN PASTI ANDA SUKSES ATAU BIKTIKAN AJA SENDIRI..